Login


| Recover Password
 

USU Sepakati Kerjasama Bersama Perum Perumnas

Universitas Sumatera Utara bersama dengan Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas) menandatangani nota kesepahaman tentang pembangunan rumah bagi pegawai dan dosen. Kesepakatan yang ditandatangani itu berlangsung pada Kamis (18/08/16) lalu di Ruang Rapat Senat Akademik gedung BPA USU.

Perumnas 1

Rektor Universitas Sumatera Utara Prof. Runtung, SH, yang didampingi oleh Wakil Rektor I Prof. Rosmayati, Wakil Rektor II Dr. Muhammad Fidel Ganis Siregar, Wakil Rektor III Mahyuddin, PhD, dan Sekretaris USU Dr. Farhat, menuturkan bahwa saat ini kebutuhan akan perumahan bagi dosen dan pegawai cukup signifikan. Dilihat dari jumlah dosen dan pegawai yang ada di lingkungan USU maka kerjasama yang dilakukan bersama Perum Perumnas itu dinilai sangat baik. Dikatakannya, ada lahan di Kampus USU Kuala Bekala seluas 50 ha yang akan digunakan sebagai lokasi peruntukan perumahan tersebut. Menurutnya, kebutuhan akan rumah bagi dosen dan pegawai terus meningkat, terutama bagi dosen muda.

Perumnas 2

Tentu saja, ujarnya, hal itu tidak saja diwacanakan tapi langsung diwujudkan dengan koordinasi bersama Majelis Wali Amanat USU dan Menteri Keuangan RI sebagai pemegang asset USU karena lembaga itulah yang memiliki kuasa atas tanah Negara. “Mudah-mudahan pada 2017 nanti rencana itu segera terwujud untuk dimulainya pembangunan perumahan USU,” kata Rektor.

Perumnas 3

Sementara Muchlis Abbas, General Manager Perum Perumnas Regional I, mengatakan kerjasama USU dan Perum Perumnas sangat disambut baik oleh pihaknya, karena baru dengan USU lah Perum Perumnas bekerjasama dengan Perguruan Tinggi. Untuk Sumut, ucapnya, ada target sekitar 2140 unit rumah yang segera dibangun, dan USU akan menyediakan sekitar 1600 unit rumah di tapak lahan Kampus Kuala Bekala. Maksud dan tujuan kerjasama itu antara lain untuk membangun perumahan berikut prasarana dan sarana/fasilitas yang diperuntukan bagi dosen dan pegawai/karyawan di lokasi Perum Perumnas maupun asset tanah yang dimiliki USU.

Perumnas 4

Diungkapkannya, ruang lingkup dari kerjasama itu meliputi Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat; fasilitas kemudahan penyediaan perumahan; penyediaan calon pembeli secara kolektif; dan fasilitas pembiayaan perumahan melalui bank pemberi kredit.
Muchlas menyebutkan ada 3 hal yang diutamakan dalam industri perumahan, yakni, aspek legal yaitu tentang keabsahan dan legalitas lahan, lalu aspek teknis yaitu tentang pematangan lahan (clear and clean), kemudian aspek pasar (untuk dosen dan pegawai). “Di atas lahan seluas 50 ha itulah pembangunan perumahan akan dikerjakan secara bertahap,” kata Muchlis. Muchlis berharap pembangunan dapat dilakukan dengan cepat sesuai waktu yang ditentukan, sehingga dapat dinikmati oleh segenap dosen dan karyawan di lingkungan USU.

Sumber : (usu.ac.id)

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>